Postingan

Prinsip Etika Bisnis Ada beberapa prinsip dalam etika bisnis yang perlu diperhatikan oleh para pelaku bisnis. Berikut adalah prinsip- prinsip dalam etika bisnis: 1.            Prinsip Otonomi             Prinsip otonomi mengharuskan pelaku bisnis mengambil keputusan dengan tepat dan baik, serta mempertanggung jawabkan keputusan tersebut. Dalam menjalankan prinsip otonomi ini, dua perusahaan atau lebih bisa berkomitmen menjalankan etika bisnis dengan prinsip otonomi. Namun, masing-masing perusahaan dapat mengambil pendekatan yang berbeda-beda dalam menjalankannya. Karena, masing-masing perusahaan pasti memiliki kondisi dan strategi yang berbeda-beda dalam mencapai suatu tujuan perusahaan.             Perusahaan secara bebas memiliki kewenangan terhadap bidang yang sesuai dengannya serta pelaksanaannya tetap menyesuaikan d...
BISNIS DAN ETIKA             Banyak orang mengatakan jika bisnis dan etika tidak memiliki kaitan sama sekali. Bisnis apabila terlalu banyak mementingkan etika akan semakin jauh tertinggal dengan kompetitor. Bayangkan saja bila satu perusahaan melakukan banyak cara yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku di masyrakat, bahkan cenderung tidak disukai masyarakat, hal tersebut akan berdampak pada turunnya citra perusahaan di mata masyarakat. A. Mitos Bisnis Amoral             Mitos Bisnis Amoral mengungkapkan suatu keyakinan bahwa antara bisnis dan moralitas atau etika tidak ada hubungan sama sekali. Mitos ini mengungkapkan suatu keyakinan bahwa antara bisnis dan moralitas atau etika tidak ada hubungannya. Bisnis berorientasi untuk mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin tanpa mengindahkan etika dan moralitas.  B. Keutamaan Etika Bisnis 1.   ...
TEORI ETIKA BISNIS A. Teori Pengertian Etika             Etika dari asal usul kata, Etika berasal dari bahasa Yunani ‘ ethos ’ yang berarti adat istiadat/ kebiasaan yang baik Perkembangan etika yaitu studi tentang kebiasaan manusia berdasarkan kesepakatan, menurut ruang dan waktu yang berbeda, yang menggambarkan perangai manusia dalam kehidupan pada umumnya disebut juga filsafat moral adalah cabang filsafat yang berbicara tentang praxis (tindakan) manusia. Etika tidak mempersoalkan keadaan manusia, melainkan mempersoalkan bagaimana manusia harus bertindak. a. Norma Umum Norma umum bersifat umum dan sampai pada tingkat tertentu boleh dikatakan bersifat universal. Norma umum terdiri dari : Ø   Norma Sopan santun  adalah norma yang mengatur pola perilaku dan sikap lahiriah dalam pergaulan sehari-hari Ø   Etika tidak sama dengan Etiket . Etiket hanya menyangkut perilaku lahiriah yang menyangkut sop...
EKONOMI KOPERASI A.   Perbedaan Koperasi dengan Yayasan             Istilah koperasi berasal dari istilah  “cooperation”  yang berarti bekerja sama. Pada dasarnya, kata “kerja sama” memang merupakan kata kunci dan jiwa dari lembaga keuangan ini. Pengertian umum dari koperasi adalah suatu organisasi ekonomi yang berasaskan kekeluargaan dan beranggotakan orang-orang yang mempunyai tujuan yang sama. Adapun tujuan utama dari koperasi adalah mensejahterakan anggotanya melalui usaha-usaha yang legal. Berikut adalah sifat-sifat dari koperasi: 1.     Keanggotaannya adalah sukarela dan terbuka. Artinya semua orang berhak menjadi anggota dalam sebuah koprasi tanpa paksaan atau dorongan, selama memiliki tujuan dan prinsip yang sama 2.     Menganut asas kekeluargaan. Artinya semua keputusan diambil secara musyawarah oleh seluruh anggota dan menyesuaikan dengan kepentingan masing-masing an...
PENERAPAN 7S MCKINSEY PADA KOPERASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP NILAI KOPERASI The 7S McKinsey adalah sebuah model manajemen yang dapat digunakan untuk melihat seberapa efektif organisasi dalam mencapai tujuan melalui pemilihan dan implementasi strategi yang digunakan. McKinsey 7S dapat digunakan secara luas dalam berbagai situasi misalnya: a.        Meningkatkan kinerja perusahaan b.       Memeriksa akibat dari keputusan yang telah diambil di dalam perusahaan. c.        Membantu pengaturan departemen ketika proses merger atau akusisi berlangsung. d.       Menentukan strategi terbaik bagi perusahaan. 1.       Strategi (Strategy)   Kondisi lingkungan, sumber daya organisasi koperasi dan sejarah tidak dapat diubah dalam jangka pendek. Setiap organisasi harus terlebih dahulu mengembangkan dan mengartikulasikan visi mereka tenta...