BISNIS DAN ETIKA Banyak orang mengatakan jika bisnis dan etika tidak memiliki kaitan sama sekali. Bisnis apabila terlalu banyak mementingkan etika akan semakin jauh tertinggal dengan kompetitor. Bayangkan saja bila satu perusahaan melakukan banyak cara yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku di masyrakat, bahkan cenderung tidak disukai masyarakat, hal tersebut akan berdampak pada turunnya citra perusahaan di mata masyarakat. A. Mitos Bisnis Amoral Mitos Bisnis Amoral mengungkapkan suatu keyakinan bahwa antara bisnis dan moralitas atau etika tidak ada hubungan sama sekali. Mitos ini mengungkapkan suatu keyakinan bahwa antara bisnis dan moralitas atau etika tidak ada hubungannya. Bisnis berorientasi untuk mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin tanpa mengindahkan etika dan moralitas. B. Keutamaan Etika Bisnis 1. ...
Postingan populer dari blog ini
Prinsip Etika Bisnis Ada beberapa prinsip dalam etika bisnis yang perlu diperhatikan oleh para pelaku bisnis. Berikut adalah prinsip- prinsip dalam etika bisnis: 1. Prinsip Otonomi Prinsip otonomi mengharuskan pelaku bisnis mengambil keputusan dengan tepat dan baik, serta mempertanggung jawabkan keputusan tersebut. Dalam menjalankan prinsip otonomi ini, dua perusahaan atau lebih bisa berkomitmen menjalankan etika bisnis dengan prinsip otonomi. Namun, masing-masing perusahaan dapat mengambil pendekatan yang berbeda-beda dalam menjalankannya. Karena, masing-masing perusahaan pasti memiliki kondisi dan strategi yang berbeda-beda dalam mencapai suatu tujuan perusahaan. Perusahaan secara bebas memiliki kewenangan terhadap bidang yang sesuai dengannya serta pelaksanaannya tetap menyesuaikan d...
Etika Dalam Beriklan Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), iklan adalah suatu bentuk berita ataupun pesan yang bertujuan untuk mendorong dan melakukan persuasi khalayak ramai agar tertarik pada suatu barang dan jasa yang ditawarkan, pemberitahuan kepada masyarakat tentang suatu barang dan jasa yang dijual ini biasanya, dipasang dalam media massa seperti halnya surat kabar dan majalah ataupun ditempat umum. Iklan mempunyai beberapa fungsi, diantaranya adalah : 1. Sebagai sarana persuasi untuk mengarahkan konsumen agar membeli barang dan jasa yang diiklankan. 2. Sebagai media informasi yang menyampaikan info produk barang dan jasa, ciri-ciri dan karakteristiknya kepada masyarakat. 3. Sebagai reminder yang mengingatkan konsumen akan suatu produk barang dan jasa tertentu agar dapat selalu menggunakan produk yang diiklankan tersebut. Ciri-ciri iklan yang baik: · ...
Komentar
Posting Komentar